Tips Sehat ala Nabi Muhammad

Tips Sehat ala Nabi Muhammad

Kesehatan adalah sangatlah penting bagi manusia, dengan kesehatan yang baik dan terjaga manusia dapat berkarya dan beraktifitas.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat dan kuat. Salah satunya adalah dengan meniru apa yang dilakukan oleh baginda Rasullah SAW. Berikut tipsnya:

1. Tidur dengan cukup

Beliau tidak pernah menyuruh dan menganjurkan umatnya untuk begadang, karena memang tidak baik untuk kesehatan.

Memiliki kualitas tidur yang cukup dan baik akan membuat tubuhmu bugar ketika bangun di pagi hari, tidur pukul 21.30 bangun pukul 03.00 adalah waktu yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

2. Berpuasa
Seperti perintah Allah SWT, mengenai kewajiban berpuasa, Baginda Rasulullah juga menjalankan ibadah puasa.

Bukan hanya yang wajibnya ketika bulan Ramadhan, beliau juga taat menjalani ibadah puasa sunah. Puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan, karena ketika berpuasa kamu sedang mendetoks tubuhmu dari racun-racun yang berbahaya.

3. Jaga Kebersihan
Nabi Muhammad adalah sosok yang bersih dan rapih, beliau selalu mencukur rambut halus di pipi saat kamis atau Jumat. Kemudian Rasulullah SAW juga memotong kuku, bersiwak serta menggunakan minyak wangi setiap Jumat atau Kamis.

5. Jaga Makan
Rasulullah memiliki kebiasaan baik, yakni selalu meminum air putih dicampur madu asli setiap paginya, ternyata hal ini setelah diteliti bisa membersihkan lambung, menyembuhkan sembelit dan juga peradangan.

Ketika masuk menuji sholat dhuha, Nabi Muhammad memakan tujuh butir kurma. Menu makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran, yang sangat bergizi untuk tubuh.

6. Berolahraga

Jenis olahraga yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad adalah memanah. Seperti yang dijelaskan oleh hadist HR Muslim. Rasulullah bersabda : “Ketahuilah bahwa yang dimaksud kekuatan itu adalah memanah, beliau mengucapkannya tiga kali.” (HR. Muslim).
(Sumber : Irma suryani, Tips Sehat ala Nabi Muhammad )

 

Leave a Reply