Tips Mudah mencegah diabetes

Seseorang yang terkena diabetes harus menjaga pola makan dan minumnya, jika tidak, diabetesnya akan kambuh. Setiap orang pada dasarnya mempunyai resiko terkena diabetes.

Risiko bisa dicegah. Cara mencegahnya tidak sulit. Hanya butuh ketelatenan. Dante memberi 10 kiat mudah agar Anda yang hidup bersama diabetes bisa mudik nyaman:

1. Satu hari sebelum mudik, dianjurkan menyicil minuman mulai dari berbuka sampai sahur esok.
2. Cek gula darah ke dokter. Kalau kadar gulanya bagus dan cenderung stabil, lanjutkan berpuasa
saat mudik. Kalau jelek, Anda tidak dianjurkan untuk berpuasa.

3. Pantau kondisi di kota tujuan mudik. 1′ Adakah kejadian spesifik atau kejadian luar biasa di sana? Atau sedang ada kehebohan virus tertentu? Kondisi di tempat mudik mempengaruhi kesehatan Anda. Jika ada, lakukan vaksinasi sebelum berangkat. 4. Bawa kartu asuransi kesehatan (jika punya). Ini sering disepelekan. Mudik bukan berarti liburan untuk abaikan kesehatan. Kondisi orang dengan diabetes harus selalu terpantau. Kartu asuransi langkah preventif jika gula darah “kambuh”, Anda langsung bisa ke rumah sakit rujukan.

5. Tulis obat-obatan yang biasa dipakai. Walaupun hafal. sebaiknya ditulis. Pada kondisi tertentu misalnya, penderita (amit-amit) mendadak tidak sadar atau terkena serangan tertentu, orang di sekitarnya bisa langsung cek lewat tulisan si pasien, apa yang dibutuhkan,” imbuhnya.
6.  Siapkan obat-obatan dan pisahkan di dua kotak obat (tas) berbeda. Ini antisipasi jika (amit- amit) tas hilang di bandara. Kalau satu tas hilang, masih ada cadangan. Sebelumnya, hitung jumlah obat yang akan dikonsumsi selama di kota tujuan. Siapkan pula obat non-diabetes yang sering digunakan yakni anti-mabuk dan diare. Ingat, penderita diabetes yang tiba-tiba terserang diare, berpotensi besar mengalami hipoglikemia.
7. Jangan lupa sangu simple syrup (air gula), cokelat, dan permen. Hipogiklemia ditandai muncul keringat dingin, pandangan mata kabur, lapar, sakit kepala. Kalau gejala ini muncul, segera cek kadar gula dengan alat. Kalau lupa bawa alat, anggap ini hipoglikemia. Segeralah makan.
8.  Insulin wajib dibawa. Pada suhu biasa, ia bisa bertahan empat sampai enam minggu. Jadi Anda tidak perlu repot-repot termos es. Taruh saja di tas.
9. Menggunakan kendaraan umum lebih dianjurkan ketimbang menyetir sendiri. Boleh memakai kendaraan pribadi, tapi tidak dianjurkan menyetir sendiri.
10. “Ingat, kondisi penderita diabetes itu berbeda. Saat kehabisan obat, jangan sekali-kali meminta obat diabetes ke saudara Anda yang menderita diabetes. Penyakit boleh sama tapi obat berbeda. Jangan beralih ke obat lain tanpa sepengetahuan dokter Anda. Berbagilah pengetahuan diabetes secara bijaksana,” Dante mengakhiri percakapan.

 

Sumber : barasmartdetox.com

Leave a Reply