Tahukah Anda Manfaat Garam Laut Bagi Kesehatan ?

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berarti memiliki banyak pantai. Di beberapa tempat pantai di Indonesia, masyarakat memanfaatkan air laut untuk dijadikan garam. Namun tidak semua garam berasal dari daerah pantai, ada beberapa garam dibuat di daerah daratan contohnya daerah grobogan yaitu bledug kuwu.

Garam laut dibuat dengan cara menguapkan air laut. Orang-orang di seluruh dunia telah menggunakannya sejak zaman prasejarah, dan hingga saat ini umum ditemukan di banyak dapur. Selain dari penggunaan kulinernya, garam laut sering ditambahkan ke lulur, spa, minuman, dan produk lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Garam laut telah digunakan selama ribuan tahun oleh para nenek moyang. Garam menjadi komoditas berharga untuk membumbui makanan dan meningkatkan kesehatan tubuh. Garam pada praktiknya sangat membantu dalam menyeimbangkan kondisi dan memberi asupan nutrisi yang kurang pada tubuh.

Jadi, apa saja manfaat luar biasa dari garam laut? Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai 6 manfaat garam laut bagi kesehatan yang patut Anda ketahui. Seperti yang dijelaskan pada merdeka.com, 28 Juni 2020, manfaat tersebut sebagai berikut ini.

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh yang pertama untuk membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Berlawanan dengan kepercayaan umum, garam laut ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi. Jumlah nutrisi dalam garam laut juga memuaskan rasa haus untuk jangka waktu yang lebih lama dan membuat cairan tubuh bertahan lebih lama. Garam meja, di sisi lain, memang membuat tubuh dehidrasi. Karena itu, tubuh membutuhkan nutrisi yang terdapat dalam garam laut alami yang tidak dapat dipenuhi oleh garam meja olahan.2 dari 6 halaman

2. Mengurangi Retensi Cairan

Manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh yang kedua untuk mengurangi retensi cairan. Beberapa orang berpikir bahwa makanan asin dapat menyebabkan kembung. Hal ini benar jika yang Anda konsumsi adalah garam meja putih dan garam olahan yang digunakan dalam makanan olahan.

Namun, dengan garam laut asli, hal yang berkebalikan akan terjadi. Ini karena rasio mineral yang seimbang, terutama kalium dan natrium yang membantu melepaskan air yang tertahan. Mengasinkan makanan dengan garam laut akan membantu menghilangkan retensi kembung dan kelebihan air.3 dari 6 halaman

3. Sumber Mineral

Manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh yang ketiga sebagai sumber mineral yang baik. Tahukah Anda bahwa garam laut berkualitas tinggi memiliki 84 trace mineral yang menyehatkan dan memperkuat tubuh? Tubuh dulu bisa mendapatkan cukup mineral dari makanan yang Anda konsumsi.

Namun, dengan metode penanaman monokultur yang tidak benar, mineral-mineral penting ini telah terkuras dari tanah dan tidak memberikan nutrisi ke bahan makanan seperti dulu. Namun, Anda dapat menambahkan garam laut dan mengisi kembali tubuh dengan mineral yang mudah diserap ini.4 dari 6 halaman

4. Menyeimbangkan Elektrolit

Manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh yang keempat untuk membantu menyeimbangkan elektrolit. Karena kandungan mineralnya yang luar biasa, garam laut adalah sumber elektrolit yang bagus seperti magnesium, kalsium, kalium, dan natrium.

Elektrolit ini sangat penting untuk kesehatan otot, otak dan jantung, karena perannya yang penting dalam sistem saraf. Alih-alih minuman elektrolit khas gula yang dapat Anda temukan di supermarket, cobalah tambahkan garam laut ke dalam air dengan perasan jus lemon.5 dari 6 halaman

5. Mencegah Kram Otot

Manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh yang kelima untuk membantu mencegah kram otot. Ketika kadar elektrolit dalam tubuh rendah, Anda dapat mengalami nyeri otot, kram, dan bahkan sindrom kaki gelisah. Kekurangan mineral membuat otot tidak rileks dan menyebabkan kontraksi yang di luar kendali Anda.

Inilah sebabnya mengapa mandi garam epsom direkomendasikan untuk segala jenis kelelahan otot. Magnesium dalam garam epsom memainkan peran besar dalam melonggarkan dan menenangkan otot dan seluruh tubuh.6 dari 6 halaman

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat garam laut bagi kesehatan tubuh yang keenam untuk meningkatkan kondisi kulit. Karena kandungan mineralnya yang kuat, garam laut memiliki sifat anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Ada banyak produk kecantikan yang menggunakan garam laut, karena garam laut memiliki kekuatan untuk mendetoksifikasi, mengeksfoliasi, meningkatkan sirkulasi, dan menyediakan nutrisi bagi kulit. Garam laut telah terbukti sangat bermanfaat untuk jerawat, psoriasis, eksim, dan anti-penuaan.

Leave a Reply