Hari Jadi Banyumas

Hari ini merupakan hari jadinya Kabupaten Banyumas. Ternyata Kabupaten Banyumas sudah tua karena merayakan hari jadi yang ke 445. Hebat bukan? Banyumas memang sudah tua, dengan mendoannya sudah mendunia dan bahasa ngapaknya yang ciri khasnya. Pemerintah Kabupaten Banyumas menjadikan momen hari jadi ini sebagai intropeksi dan mengharapkan tahun 2016 sebagai tahun prestasi dengan penguatan infrastruktur.

Seperti yang telah diwartakan oleh koran Radar Banyumas, pemerintah Kabupaten Banyumas bertekad menjadikannya sebagai tahun penguatan pembangunan daerah dan prestasi.

Agenda  penguatan pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang didukung infrastrukutr yang semakin  mantap melalui 8 program prioritas pembangunan.
Demikian disampaikan Kabag Humas dan Protokol Agus Nur Hadie SSos MSi . Agus menjelaskan beberapa program untuk penguatan pembangunan dijabarkan dalam 8 program strategis yang meliputi beberapa aspek pembangunan.
“Delapan program tersebut meliputi bidang keuangan, pendidikan, kesehatan, pertanian, pariwisata, UMKM, infrasturktur dan program pengentasan kemiskinan dan penggangguran,” jelasnya.
Agus mengurai, dalam bidang keuangan akan diarahkan untuk peningkatan kemampuan pengelolaan keuangan daerah untuk mendukung efesiensi dan efektifitas birokrasi yang semakin produktif. “Bidang ini akan ditempuh melalui  peningkatan efektifitas, efisiensi dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan didukung infrastruktur komunikasi dan informasi menuju e-government; peningkatan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan desa, optimalisasi dan efektifitas pengelolaan keuangan daerah,” terangnya
Sementara untuk bidang pendidikan dan kesehatan diarahkan untuk  meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan dan memperkuat sistem preventif kesehatan masyarakat.
“Ini akan dilaksanakan dengan peningkatan akses dan pemerataan pendidikan termasuk bagi warga miskin, pemenuhan akses dan mutu pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi, anak, remaja, lanjut usia dan masyarakat miskin, pemenuhan sarana prasarana pelayanan kesehatan dasar dan rujukan dan perbaikan gizi masyarakat,” urainya.
Agus juga menguraikan untuk bidang pertanian dan pariwisata diarahkan untuk peningkatan produksi, produktivitas, nilai tambah dan pendapatan dari kegiatan pertanian , kehutanan, perkebunan, perikanan, peternakan dan pariwisata.
Beberapa kegiatan untuk mewujudkan sektor pertanian dan pariwisata antara lain akan dilaksanakan melalui optimalisasi penerapan sapta usaha tani didukung pemanfaatan teknologi dan mordernisasi alat mesin pertanian, dan pengembangan diversifikasi produk olahan berbasis potensi perikanan lokal.
“Selain itu juga pengembangan destinasi pariwisata berbasis budaya lokal, peningkatan daya saing daerah tujuan wisata, peningkatan partisipasi masyarakat dan stakeholder pariwisata dalam pembangunan industri wisata,” imbuhnya.
Untuk bidang UMKM akan dilakukan dengan memperkuat UMKM terutama akses pemodalan, manajemen Usaha, teknologi produksi, ingormasi dan pemasaran.
Sebagaian besar masyarakat Banyumas bergelut di sektor UMKM maka kalau sektor ini kuat dan maju dapat juga mengurangi penggangguran dan kemiskikan sehingga perlu diupayakan melalu peningkatan daya saing dan diversifikasi produk UMKM.
“Semua sesuai dengan potensi lokal yang didukung dengan penerapan inovasi, kreativitas dan teknologi tepat guna, pengutan kelembagaan KUMKM, pengembangan klaster industi, peningkatan penguasaan tekonologi dan informasi,” kata Agus..
Sedangkan pada bidang infrastruktur, urai Agus  adalah untuk pemerataan penyediaan infrastruktur strategis terutama pengembangan jalan, jaringan infrastruktur untuk mendukung pengambangan bidang pertanian dan sosial.
“2015 kita sudah membangun 58 ruas jalan dengan hotmix dan 2016 akan dilaksanakan lagi untuk daerah yang belum diaspal hotmix harapannya dengan infrastruktur yang baik akan mendukung aktivitas ekonomi masyarakat, dan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Agus.
Tak kalah penting juga mengurangi pengangguran, disamping itu juga akan dilaksanakan jaringan infrastruktur yang mendukung pengembangan bidang pertanian dan infrasturktur sosial.
Terkait dengan pencanganan 2016 juga sebagai tahun prestasi, Agus menjelaskan bahwa apabila semua program dapat dijalankan dengan baik akan menghasilkan prestasi. “Prestasi dengan sendirinya akan mengikuti andaikata seluruh program strategis akan dilajalankan dengan baik karena prestasi adalah salah satu dari pengakuan hasil kinerja,’” terangnya.

(Sumber : radarbanyumas )

Selamat hari jadi Banyumas semoga Banyumas semakin maju dan warganya hidup rukun sentosa, tenteram dan makmur loh jinawi.

Leave a Reply