Menjaga Timbangan Berat Badan

Jaga Kelangsingan Tubuh
Ilustrasi : maliksmart.smartdetoxportal.com

Sebuah kelatahan bagi orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan yaitu menimbang berat badan setiap saat. Tidaklah salah orang melakukan hal tersebut. Ada suatu kebanggaan ketika setiap harinya mempunyai perubahan berat badan yaitu berkurangnya angka di timbangan.

Tidak hanya seseorang yang sedang dalam usaha penurunan berat badan, seseorang yang mempunyai keinginan menjaga berat badan pun kadang melakukan hal yang sama.

Menjaga berat badan tetap terjaga tak harus didapat dengan cara yang rumit. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan rajin menimbang berat badan tiap pekan.

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki berat badan normal lebih kecil risikonya untuk gemuk kembali jika mereka rutin menimbang, setidaknya sekali dalam sepekan. Temuan ini dianggap penting karena mempertahankan berat badan lebih sulit daripada menurunkannya.

Peneliti dari Birmingham University, Claire D. Madigan, mengatakan bahwa kebiasaan menimbang berat badan secara rutin merupakan strategi simpel dan sederhana yang bisa digunakan untuk mencegah berat badan meningkat.

Untuk membuktikan hal ini, Madigan memberikan sekitar 3.000 orang yang sudah berhasil menurunkan berat badan sebuah timbangan dan meminta mereka menimbang setiap pekan selama 9 bulan.

Hanya sekitar 1.000 orang yang menerima tawaran tersebut dan melaporkan hasil timbangan mereka secara rutin. Sementara sisanya tetap melapor meskipun tak menimbang. Nah, mereka yang memutuskan untuk mau menimbang mengalami kenaikan berat badan 3 kg lebih sedikit dibandingkan yang tidak.

“Menimbang secara rutin dalam sepekan membantu orang-orang tetap melacak berat badan mereka. Sehingga jika ada kenaikan, mereka bisa segera mengambil tindakan,” tulis Madigan, seperti dikutip dari Journal of Public Health, Jumat (19/9/2014).

Saat ini Madigan tengah kembali meneliti apakah menimbang setiap hari bisa memberikan pengaruh yang juga signifikan terhadap kestabilan berat badan.

Namun yang pasti hindari kebiasaan mengira-ngira berat badan sendiri ya. Hal ini justru akan membuat Anda tak tahu secara pasti berat badan dan ‘menganggapnya’ masih normal meskipun sebenarnya tidak. Oleh sebab itu, cobalah untuk menimbang berat badan dan mengukur lingkar pinggang secara berkala.

Sumber : barasmartdetox.com

Leave a Reply