Cara Menambahkan Tombol Share Whatsapp Pada WordPress

Tombol share merupakan salah satu bagian penting di dalam blog atau website. Tombol share banyak macamnya, salah satunya tombol share Whatsapp.

Whatsapp adalah aplikasi pesan instan terpopuler saat ini yang digunakan oleh lebih dari 800 juta pengguna di seluruh dunia. Tidak heran Mark Zukerberg sang pendiri Facebook menghabiskan $19 miliar untuk mengakuisisi Whatsapp. Meskipun Whatsapp merupakan adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer, tapi masih sedikit plugin Whatsapp share WordPress.

Fitur share yang terdapat pada situs web adalah merupakan fitur wajib bagi para blogger dan para media pencipta konten. Saat ini kebanyakan plugin share atau berbagi konten instan masih banyak hanya terdiri dari Facebook, Twitter, Google+ dan tanpa Whatsapp. Whatsapp dapat menjadi cara baru untuk berbagi hal-hal dengan teman-teman Anda dengan mudah dan sekaligus dapat menjadi cara terbaik untuk menggandakan lalu lintas situs.

Dengan pengguna whatsapp yang sangat besar, hal tersebut bisa kita manfaatkan juga untuk menambahkan fitur share berbagai konten dengan mudah di situs website maupun blog. Dalam artikel ini, saya akan menunjukkan cara untuk menambahkan tombol share WhatsApp di WordPress.

WHATSAPP SHARE BUTTON

Untuk menambahkan tombol share di situs WordPress Anda, Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin WhatsApp Share Button. Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi Settings » WhatsApp Share Button untuk melakukan mengkonfigurasi plugin.

whatsapp share button settings

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan tombol share WhatsApp baik secara manual dan otomatis.

CARA OTOMATIS

Jika Anda ingin secara otomatis menampilkan tombol share Whatsapp di situs Anda, maka Anda perlu mencentang pada pilihan yang tersedia pada halaman konfigurasi sesuai yang Anda inginakan untuk ditampilkan.

Catatan: plugin ini menggunakan kode CSS untuk mendeteksi ukuran layar pengguna dan hanya akan menampilkan tombol WhatsApp untuk pengguna pada ukuran layar kurang dari 1024px. Jika Anda menguji plugin pada laptop Anda, maka Anda perlu untuk mengubah ukuran layar browser dibawah ukuran 1024px agar tombol share whatsapp muncul. Hal tersebut memang ditujukan untuk pengguna perangkat tablet dan smartphone.

Anda dapat memilih untuk menampilkan pada posting Anda, halaman, dan homepage. Anda juga dapat memilih lokasi tombol untuk sebelum atau setelah isi posting.

Dan untuk pengaturan terakhir pada halaman pengaturan seperti gambar diatas, sebaiknya Anda mencentang Add Tracking. Karena itu akan sangat berguna untuk melacak link di Google Analytics. Setelah itu silahkan klik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan Anda.

CARA MANUAL

WhatsApp Share Button Plugin dilengkapi dengan shortcode, hal ini bertujuan bagi Anda yang ingin tombol share Whatsapp di mana saja di situs WordPress Anda sesuai keinginan Anda.

Cukup tambahkan [whatsapp] pada postingan Anda atau halaman di mana Anda ingin menampilkan tombol.

Anda juga dapat menggunakan shortcode dalam widget Text. Secara default, WordPress tidak mengizinkan penggunaan shortcode dalam widget teks namun Anda dapat mengaktifkan ini dengan menambahkan potongan kode kecil ke dalam file functions.php tema Anda atau plugin spesifik lokasi.

1
add_filter('widget_text', 'do_shortcode');

MENGGUNAKAN SETIAP URL DI WHATSAPP

Secara default, penggunaan shortcode [whatsapp]secara otomatis menggunakan URL dari postingan yang sedang ditampilkan atau halaman yang sedang ditampilkan. Namun, Anda dapat mengganti ini dan menambahkan URL yang ingin pengguna Anda berbagi dengan menggunakan shortcode seperti ini:

[whatsapp title=”Centerklik” url=”http://www.centerklik.com”]

MOBILE SHAREBAR

Diatas adalah tutorial menambahkan tombol share Whatsapp di WordPress dengan menggunakan plugin WhatsApp Share Button, Jika Anda tidak suka menggunakan plugin diatas Ada plugin lain yang tak kalah bagus dan bahkan lebih lengkap, yaitu plugin mobile sharebar.

mobile share button

Mobile ShareBar adalah salah satu plugin pertama untuk menambahkan tombol berbagi WhatsApp. Sharebar hanya muncul ke pengunjung ketika mereka membuka situs Anda pada perangkat smartphone.

mobile sharebar settings

Sama seperti plugin sharebar lainnya, Anda dapat menyesuaikannya untuk menunjukkan pada jenis pos tertentu seperti homepage, post, page, category, archive, tag dan bahkan jenis posting kustom spesifik.

Anda juga dapat memilih untuk menunjukkan di bagian atas atau bagian bawah layar. Halaman pengaturan plugin mobile ShareBar cukup mudah. Anda bahkan dapat mempersingkat link Anda menggunakan bit.ly .

Secara default tombol share Whatsapp hanya akan menunjukkan pada smartphone Android dan iPhone tapi Anda dapat memaksa untuk menunjukkan pada semua perangkat mobile.

Penting: Untuk situs non-Wordpress seperti Blogger dan CMS lain di luar sana, Anda masih bisa menambahkan tombol share Whatsapp ke situs Anda. Anda dapat menggunakan Whatsapp berbagi button dengan megenerate code dan menaruh di situs Anda, silahkan kunjugi situsnyadisini.

pasang share whatsapp blog

Berikut diatas adalah berbagai cara menambahkan tombol share pada situs Anda, semoga tutorial diatas bermanfaat buat Anda.

(Sumber : http://www.centerklik.com/cms/wordpress/cara-menambahkan-tombol-whatsapp-share-di-wordpress/)

Leave a Reply