Cara Alami Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang sering dialami seseorang. Dahulu kala, penyakit asam urat dirasakan oleh orang-orang yang sudah tua, tetapi sekarang, orang yang masih muda juga sudah merasakan “enaknya” penyakit ini. 

Orang yang terkena penyakit asam urat sangatlah menyiksa dan menderta, badan terasa sakit terutama dipersendian tubuh. Tubuh terasa sakit jika digerakan apalagi ketika bangun tidur dipagi hari dan menjelang malam juga ketika udara terasa dingin maka bertambah sakitlah badannya, bener-bener menyiksa. Penyakit ini diderita bukan saja oleh orang yang sudah tua, namun saat ini banyak orang muda yang mengalaminya.

Banyak faktor penyebab munculnya penyakit ini dari mulai faktor pola makan yang sembarangan dan berlebih hingga faktor genetika dan hormonal. Untuk bisa terhindar dari penyakit ini maka jagalah kesehatan sedini mungkin, karena penyakit asam urat ini timbul bukan langsung seketika terjadi namun dari proses yang lama sehingga akan timbul masalah itu dan biasanya yang sering terjadi adalah masalah peradangan sendi. Kalau sendi sudah terasa sakit ketika digerakan mau berbuat apalagi didunia ini gan? Gimana bisa kerja maksimal dan menikmati hidup maksimal, lah menggerakan badan rasanya sakit setengah mati. Karena itu yuk mari, selagi masih muda jagalah tubuh kita agar selalu sehat karena kesehatan itu sangat mahal harganya dan tak ternilai.

Gejala Asam Urat Tinggi Dan Obatnya

Agan harus berhati-hati jika muncul gejala-gejala berikut, karena kalau sudah merasakan hal-hal dibawah ini berarti tanda-tanda agan sudah atau akan terkena penyakit asam urat dan kalau sudah begitu agan harus cepat-cepat untuk mengobatinya biar tidak tambah parah, karena kalau sudah terkena tentunya sangat tidak enak dan menyakitkan, berikut gejala-gejala orang yang terkena asam urat:
  • Timbulnya rasa nyeri, kesemutan, linu, sakit dan bengkak hingga timbulnya peradangan disendi-sendi tubuh sehingga timbul warna merah diarea tersebut.
  • Sendi-sendi tubuh yang terserang penyakit asam urat tinggi biasanya adalah bagian siku, sendi pergelangan tangan, tumit, dengkul, jari tangan hingga sendi kaki.
  • Gejala nyeri dan sakit yang terjadi secara berulang-ulang diarea persendian tubuh.
  • Rasa sakit dan nyeri yang timbul diarea persendian itu biasanya akan muncul dipagi hari ketika bangun tidur dan dimalam hari.
  • Ketika akan bergerak maka muncul rasa sakit dan nyeri disekitarpersendian.

Penyebab Asam Urat Dan Cara Mengatasinya


Penyebab asam urat tinggi juga terbagi atas dua macam yaitu:
Penyebab Sekunder
Kadar asam urat seseorang bisa naik dikarenakan karena faktor eksternal seperti misalnya karena pola makan yang salah. Nah inilah yang disebut sebagai faktor sekunder asam urat tinggi, faktor ini sama sekali tidak terkait dengan masalah keturunan sehingga setiap orang juga harus mewaspadai terhadap penyakit ini. Faktor eksternal disebabkan orang tersebut mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin, dan asupan purin kedalam tubuhnya itulah yang mengakibatkan naiknya kadar asam urat didalam darah.

Penyebab Primer
Faktor ini juga disebut sebagai faktor internal yaitu dikarenakan masalah didalam tubuh penderita sendiri seperti faktor hormon yang tidak seimbang juga masalah genetika sehingga terganggunya metabolisme penderita, faktor lainnya adalah karena ginjal penderita asam urat ini bermasalah sehingga racun yang seharusnya dibuang namun tidak maksimal akibatnya terjadi penumpukan racun didalam darah.
Penyebab asam urat tinggi/gout/rematik lainnya adalah karena kegemukan/overweight atau obesitas, kadar trigliserida atau lemak dalam darah yang tinggi, penyakit kulit, penyakit darah, juga termasuk obat-obatan kanker serta alkohol.

Makanan Penyebab Asam Urat Tinggi

Penderita asam urat harus berpantang makanan yang mengandung purin tinggi, kalau tidak dipantang maka kadar purin akan naik dan memperparah penyakit asam uratnya, juga harus  dan mengecilkan perut biar terhindar dari kegemukan, berikut daftar makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

1. Jeroan
Harus dihindari makan daging jeroan yaitu daging yang berasal dari dalam perut binatang seperti otak, limpa, hati, usus, paru juga ginjal.

2. Seafood
Hati-hati dengan daging dari binatang yang berasal dari laut seperti ikan sarden, ikan teri, kepiting, udang, cumi-cumi, remis, kerang dan sotong.

3. Dendeng/Abon atau daging olahan
Wajib dihindari jenis makanan ini karena terbukti mengandung purin tinggi yang meningkatkan kadar asam urat.
4. Makanan kaleng
Kornet sapi, ikan sarden, dll yang dikemas dalam kalengan, biasanya mengandung purin yang tinggi.
5. Daging binatang berkaki empat
 
Binatang ini mengandung zat purin tinggi yaitu kuda, sapi, domba dan kambing, apalagi jeroannya lebih-lebih lagi.
6. Daging Unggas
Kalkun, bebek, ayam yaitu hewan unggas yang mengandung zat purin tinggi.
7. Kacang-kacangan
Emping, melinjo, tauge, kacang hijau, kacang tanah adalah contoh kacang-kacangan yang berpurin tinggi.
8. Sayuran
Kangkung, daun pepaya, daun singkong, asparagus, buncis, jamur kuping, bayam dan kembang kol juga berpurin tinggi.
9. Semua makanan yang berlemak dan mengandung banyak protein juga biasanya mengandung purin tinggi.
10. Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan kelapa muda banyak mengandung zat purin.
11. Gorengan
Makanan yang diolah dengan mentega atau margarin juga makanan bersantan juga mengandung banyak purin.

Bahaya Asam Urat Tinggi

Jangan meremehkan kadar asam urat yang tinggi karena jika dibiarkan tentu akan timbul penyakit asam urat, dan asam urat yang berlebih ini tentu akan berakibat sakitnya dipersendian tubuh seperti sendi lutut dan jari kaki, namun kalau dibiarkan terlalu lama dan terus menerus asam urat ini akan terus menumpuk dan terjadilah pembentukan kristal didaerah persendian tubuh dan mengakibatkan rasa sakit yang hebat, istilahnya agan akan mengalami siksaan neraka sebelum waktunya, sangat mengerikan bukan? Dan disekitar wilayah sendi itu akan timbul pembengkakan hebat sehingga warnanya berubah menjadi merah dan kalau tersentuh dengan barang yang lembutpun agan akan merasa kesakitan.
Namun adakalanya kadar asam urat yang tinggi itu menimbulkan rasa sakit dipersendian, yang paling mengkhawatirkan adalah timbulnya kegagalan ginjal sehingga agan harus melakukan cuci darah tiap minggunya, nau’dzubillah min dzalik. Makanya ceklah kadar asam urat agan secara berkala dan berusaha menormalkan tingkat kadar asam urat didalam darah sehingga tidak menimbulkan potensi penyakit dikemudian hari. Kenapa kadar asam urat tinggi bisa timbul gagal ginjal? Karena asam urat yang tinggi bisa menimbulkan batu ginjal dan kalau dibiarkan bisa merusak ginjal.

Bagaimana Cara Sembuh Dari Penyakit Asam Urat

Ada banyak cara mengobati asam urat tinggi ini, dari cara medis maupun tradisional berupa ramuan tradisional yang diwariskan dari nenek moyang kepada generasi selanjutnya dan akhirnya sampai kekita, nah disini saya akan beritahu obat asam urat alami saja sehingga bisa dipraktekan dirumah masing-masing.

1. Pengobatan asam urat dengan madu hitam pahit
Madu hitam pahit sangat bagus untuk penderita asam urat karena membantu organ tubuh ginjal dalam usahanya menyapu bersih kadar asam urat tinggi didalam tubuh, madu juga sudah dikenal khasiatnya karena terbukti sangat bagus untuk mengobati berbagai penyakit dan mencegah serta menjaga kesehatan bahkan di kitab suci Alquran ada penyebutan madu itu baik buat kesehatan tubuh manusia.

2. Cara mengobati asam urat dengan air putih
Dengan memperbanyak minum air putih makapembentukan asam urat yang berlebih akan dicegah karena akan disaring oleh ginjal dan dibuang bersama urin. Maka minumlah sampai 8 hingga 10 gelas perhari untuk menjaga kesehatan serta metabolisme tubuh. Kalau tubuh kekurangan cairan maka kosentrasi asam urat akan meninggi karena tidak terbuang oleh ginjal.
Menggunakan terapi dengan air hangat juga berkhasiat untuk meredakan gejala rematik, dengan terapi tradisional ini nyeri pada sendi akan berangsur hilang, hal ini karena air hangat dapat membuat Anda rileks dan tenang selain itu terapi ini dapat memperlancar peredaran darah yang membeku. Caranya sangat sederhana, Cukup merendam bagian tubuh yang rematik ke dalam air hangat dalam beberapa menit saja

3. Cara menyembuhkan asam urat dengan vitamin C
Vitamin C sangat bagus buat tubuh kita, disamping itu juga bisa mengurangi kadar asam urat tinggi. Vitamin C banyak dijual dipasaran dan apotek jadi sangat mudah jika ingin mengkonsumsi vitamin ini.

4. Obat asam urat dengan daun salam
 
Daun salam juga bisa digunakan sebagai obat herbal alami untuk penyakit asam urat karena mengandung zat flavonoid dan tannin, caranya sangat mudah yaitu ambil 15-20 lembar daun salam dan 3 batang sereh, kedua bahan ini direbus dengan air secukupnya lalu setelah diminum setelah dingin.

5. Pengobatan asam urat tinggi dengan makanan basa
Makanan bersifat basa banyak terkandung pada biji-bijian rendah lemak, sayuran segar dan buah-buahan. Makanan yang bersifat basa ini akan menetralkan asam didalam tubuh penderita asam urat tinggi.

6. Cara mengobati asam urat dengan buah cerry
Rasa nyeri akibat asam urat tinggi bisa dikurangi dengan jus buah cerry karena mengandung banyak nutrisi dan kalium, juga bisa menetralkan asam urat didalam darah, konsumsilah juz ini setiap hari.
Buah cerry mengandung banyak magnesium yang tergolong bagus untuk mengatasi rematik. Selain dapat meredakan rasa nyeri, buah cherry juga mampu mencegah inflamasi karena kandungan potasiumnya. Cara meringankan asam urat menggunakan buah cerry, hanya perlu mengkonsumsinya 7 hingga 9 buah ceries setiap hari, banyak cara untuk mengkonsumsinya, bisa dengan dijadikan sirup yang sebelumnya direbus terlebih dahulu. Obat tradisional asam urat ini terbukti ampuh meringankan rematik jika Anda rutin mengkonsumsinya tiap hari.

7. Cara menyembuhkan asam urat dengan lemon
Lemon dapat merangsang tubuh kita untuk membentuk kalsium karbonat yang berguna untuk menetralisir akan kandungan asam urat didalam tubuh. Selain itu juga lemon bisa digunakan untuk memutihkan kulit dan obat sakit gigi alami.

8. Obat asam urat dengan jahe
 
Rempah rempah asli Indonesia ini memang sudah terkenal khasiatnya untuk mengobatai beberapa macam penyakit, salah satunya untuk meredakan nyeri rematik yang diakibatkan asam urat. Selain dapat memperlancar sistem pernafasan dan pencernaan, obat herbal tradisional ini juga mampu meredakan nyeri sendi karena asam urat, sebab jahe bisa mengeluarkan tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Cukup mengkonsumsi jahe dengan cara dijadikan soup atau lainnya maka khasiat jahe akan terasa jika Anda mengkonsumsinya dengan rutin.
Cara lain yang sangat mudah yaiti dengan membuat ramuan, jahe tinggal digeprek hingga gepeng lalu dimasukan dalam air yang mendidih didalam gelas lalu campur dengan gula pasir, maka jadilah wedang jahe. Jahe berfungsi sebagai anti inflamasi yang bisa meredakan rasa sakit akibat peradangan didalam sendi akibat asam urat.

9. Pengobatan asam urat dengan berpantang makanan
Selagi menjalani pengobatan asam urat ini sebaiknya agan menghindari makanan yang banyak mengandung purin, percuma saja kan agan menjalani terapi namun tubuh agan dibanjiri dengan makanan yang mengandung zat purin yang membentuk asam urat.

10. Cara mengobati asam urat dengan terapi bekam

Intinya terapi bekam adalah suatu teknik tertentu yang berguna untuk mengeluarkan racun dengan cara mengeluarkan darah kotordari tubuh kita termasuk asam urat yang berlebih, dengan bekam dibersihkan semua kotoran-kotoran atau racun dari dalam tubuh kita, memang kelihatannya menyeramkan namun selama ini orang yang sudah melakukannya terbilang cukup ampuh dan mujarab. Namun untuk melakukan terapi ini harus kepada orang yang sudah profesional dan berpengalaman dengan menggunakan peralatan bekam yang steril.mas

11. Obat asam urat alami tradisional dengan Anting-anting

Salah satu tanaman herbal untuk asam urat yang populer saat ini adalah tanaman anting-anting. Sebenarnya, tanaman ini juga dikenal dengan nama lain, yaitu akar kucingan atau juga rumput kokosan. Tanaman ini bermanfaat sebagai anti radang dan pembersih hati. Untuk permasalahan asam urat, anting-anting bisa dimanfaatkan untuk campuran obat herbal lainnya.

12. Obat asam urat alami tradisional dengan Kumis Kucing

Obat herbal asam urat yang biasa dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional adalah kumis kucing atauOrthosiphon Aristatus. Tanaman ini cukup dikenal sebagai media herbal yang mujarab. Kandungan terbaik dari obat ini adalah garam kalium yang bisa berfungsi sebagai penghancur batu pada saluran kencing. Kumis kucing juga memiliki sifat diuretik yang bisa menyingkirkan kandungan asam urat berlebih pada tubuh melalui proses buang air kecil atau urin.

13. Obat asam urat alami tradisional dengan Daun Salam

Pilihan tanaman herbal untuk asam urat yang kedua adalah daun salam. Daun salam cukup dikenal di kalangan masyarakat modern untuk dijadikan bumbu dapur. Namun banyak yang tidak paham bahwa tanaman ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan yaitu flavonoid, senyawa minyak atsiri, dan lain sebagainya yang bisa digunakan untuk mengatas masalah asam urat. Sedangkan zat tanin yang ada pada daun salam bisa berfungsi sebagai solusi untuk asam urat dan juga untuk menanggulangi kolesterol yang berlebih di dalam tubuh. Asam urat selalu berkaitan dengan masalah kolesterol dan bisa berujung pada komplikasi.

14. Obat asam urat alami tradisional dengan Sambiloto

Selain daun salam dan juga kumis kucing, masih ada banyak pilihan obat tradisional asam urat yang bisa dimanfaatkan oleh penderita asam urat. Pilihan selanjutnya adalah sambiloto yang berasal dari India. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, sebagai papaitan, kayu mas, dan beberapa sebutan lain. Kandungan yang ada pada tanaman ini adalah kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi.

Cara membuat ramuan ini sangat gampang, ambil 60 gr daun sambiloto yang masih segar, 50 gr kunir atau kunyit dan 30 gr daun sambiloto kering, setelah dicuci bersih masukan semua bahan tadi kedalam air mendidih sebanyak 3 gelas dan biarkan hingga air berkurang menjadi 1/2 bagian. Ramuan ini bisa diminum 3 kali sehari, pagi siang dan malam.

15. Daun Sirsak
kandungan yang ada di dalam daun sirsak terdapat Vitamin C dan vitamin A dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat mengeluarkan racun yang ada pada tubuh, selain itu daun ini juga bisa meringan nyeri sendi yang diakibatkan asam urat, obat tradisional untuk mengobati asam urat ini perlu Anda coba. caranya cukup sederhana dan mudah, yakni sebagai berikut

  • Ambil daun sirsak muda sebanyak 5 lembar
  • Rebus dengan air yang bersih hingga mendidih
  • Minum ramuan obat tradisional tersebut setelah dingin
  • lakukan cara tersebut rutin tiap hari

16. Bunga Rosela
Untuk meredkan nyeri sendi yang disebabakn asam urat, Anda juga bisa memanfaatkan bunga Rosela sebagai obat tradisional. Obat Rosella mengandung banyak zat penting yang sangat dibutuhkan tubuh diantaranya seperti protein esensial, dan vitamin C. Selain itu bunga ini juga mengandung asam amino arginina dan legnin yang cukup berguna sebagai peremajaan pada sel tubuh. cara membuatnya cukup mudah dan bisa dibuat dirumah

  • Siapkan 5 kelopak bunga Rosella kering dan sudah dicuci bersih
  • Kemudian seduh menggunakan air panas sebanyak 200cc
  • Tambahkan madu sebagai pemanis
  • Rutinlah meminum ramuan tradisional tersebut lebih kurang selama 1 bulan agar khasiatnya cepat terasa.

17. Daun seledri
Seledri yang kerap kali digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata banyak mengandung khasiatnya, salah satunya untuk mengobati asam urat dan rematik. Seledri mengandung banyak zat yang diperlukan tubuh diantaranya klorin, asam lemak esensial, inositol, sulfur, folat, potasium , mangan , fosfor , selenium, seng. vitamin B1 dan vitamin A. Sehingga cukup ampuh untuk mengatasi nyeri sendi karena asam urat. cara membuatnya

  • Siapkan biji seledri sebanyak 2 gram yang sudah dicuci bersih
  • Kemudian rebus dengan 110 ml air bersih hingga mendidih atau selama 15 menit
  • Saring ramuan tersebut, lalu minum airnya sebagai obat tradisional
  • Minum ramuan tersebut sebanyak 1 kali dalam sehari

Pengobatan alternatif dengan cara alami ataupun tanaman obat asam urat memang beragam. Bahan-bahan ini pastinya mudah didapat dan tersedia di lingkungan sekitar. Selain mudah didapat, anda juga tidak harus mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkannya, karena bahan-bahan ini bisa didapat secara gratis. Selain itu, sebaiknya anda juga melakukan perubahan pola konsumsi dengan menghindari makanan-makanan yang dapat meningkatkan asam urat di dalam tubuh.

 

Sumber : 

– Obat Asam Urat Alami Ampuh Pengobatan Tradisional Mujarabhttp://www.ketkpgan.com/2015/04/obat-asam-urat-alami-ampuh-pengobatan.html  

– 6 Obat Tradisional Asam Urat Dan Rematik Yang Ampuh, https://www.nitips.com/6-obat-tradisional-asam-urat-dan-rematik-yang-ampuh/

–  4 Tanaman Obat Asam Urat Paling Ampuh, http://sehatalamiku.com/4-tanaman-obat-asam-urat-paling-ampuh/

Leave a Reply