Benarkah Garam Bisa Menjadi Obat Covid-19?

Indonesia adalah salah satu negara penghasil garam di dunia. Garam yang biasanya dipergunakan sebagai bumbu dapur, dapat juga berfungsi sebagai obat. Akhir-akhir ini adanya Covid-19 mewabah secara global. Ada kabar bahwa garam dapat mengobati Covid-19. Berdasarkan penuturan detik.com memaparkan kebenaran berita tersebut. Di bawah ini pemaparan kebenaran berita tersebut.

Banyak orang penasaran, apakah kandungan dari air garam mampu menjadi salah satu upaya mengatasi virus Corona COVID-19? Tidak sedikit yang akhirnya rutin berkumur air garam guna mencegah masuknya virus Corona COVID-19.

Seperti yang diketahui, berkumur air garam memang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan nyeri pada sakit gigi.

Meski memiliki segudang manfaaat, bukan berarti kumur air garam ampuh untuk semua jenis bakteri atau virus. Faktanya, kumur air garam tidak efektif untuk tangkal Corona.

Menurut dr Rini Cendika dari Universitas Indonesia, berkumur air garam tidak mampu mencegah virus Corona COVID-19. Kandungan yang terdapat dalam garam pun tidak dapat mematikan virus tersebut.

“Belum ada studi bahwa natrium dapat membunuh virus Corona. Belum ada buktinya juga,” ujar dr Rini dalam diskusi online, Rabu (8/07/2020).

Leave a Reply