5 (Lima) Cara Perawatan Kulit Alami selama Kehamilan dan Mengatasi Masalahnya

Ada banyak tips perawatan kulit alami selama kehamilan diantaranya, makan makanan sehat, memperbanyak buah dan sayur yang baik untuk pertumbuhan si kecil sekaligus menjaga berat badan ideal. Untungnya, perawatan kulit selama kehamilan tidaklah sulit. Anda masih bisa mendapatkan kulit cahaya dan sehat dengan tips perawatan alami. Dan ini cocok untuk dipraktikkan selama kehamilan. Adapun 5 (lima) perawatan kulit alami selama kehamilan dan cara mengatasinya, dapat dibaca dibawah ini yang dikutip dari Sahijab.

Perawatan kulit alami selama kehamilan adalah yang terbaik yang bisa Anda lakukan, untuk meminimalkan efek pada janin. Kehamilan adalah waktu untuk memanjakan diri, tetap bahagia, dan menikmati setiap momennya.

Namun, bagi sebagian besar wanita, perubahan hormon terkait kehamilan juga menyebabkan masalah kulit. Di antaranya sering berjerawat, kulit gatal, dan pigmentasi yang seringkali bersifat sementara tetapi dapat menyebabkan banyak masalah.

1. Kulit gatal

Selama kehamilan, gatal-gatal biasa terjadi, terutama di perut, karena suplai darah ke kulit meningkat. Namun, menggunakan produk yang dijual bebas sama sekali tidak disarankan.

Sebagai gantinya, coba gunakan produk alami seperti gel lidah buaya, minyak almond, dan minyak kelapa untuk menjaga kulit Anda tetap lembut, kenyal dan sehat selama kehamilan.

Anda juga bisa menggunakan lotion kalamin atau meletakkan sesuatu yang sejuk, seperti irisan mentimun, di area yang gatal.

2. Stretch mark

Banyak wanita hamil mengalami stretch mark yang terus-menerus dan gatal di perut dan payudara selama kehamilan. Tapi, dengan perawatan kulit yang tepat selama kehamilan, Anda bisa meminimalkan munculnya stretch mark.

Bagi kebanyakan wanita, minyak kelapa adalah solusi yang dapat digunakan untuk melembabkan dan menghilangkan stretch mark jika dioleskan secara teratur.

3. Kulit kering dan pecah-pecah

Banyak wanita hamil yang bergulat dengan kulit kering, rambut rontok, bibir pecah-pecah terutama selama musim dingin. Untungnya, Anda hanya perlu pergi ke dapur untuk menemukan pengobatan yang manjur untuk kulit kering.

Krim susu, minyak kelapa, dan minyak biji gandum sangat berguna untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Anda juga bisa mengoleskan minyak biji gandum, sumber yang kaya vitamin esensial dan asam lemak.

4. Pigmentasi dan lingkaran hitam

Karena perubahan hormonal dalam tubuh, beberapa wanita mengalami pigmentasi di pipi, dahi, leher dan ketiak. Untuk meringankannya, coba oleskan jus lemon yang dicampur dengan jus mentimun di bagian hitam sebanyak beberapa kali sehari.

Anda juga bisa menggunakan masker oat madu untuk pengelupasan diikuti dengan masker wajah yang terbuat dari kunyit dan susu mentah untuk meringankan flek.

5. Jangan khawatir, berbahagialah!

Kehamilan tidak akan membuat stres jika Anda makan makanan sehat, tetap aktif, dan mengikuti tata cara perawatan kulit yang baik. Memang, betapapun mual, lelah, atau kembung yang Anda rasakan, mengandung adalah perjalanan yang menakjubkan.

Leave a Reply