17 Manfaat Memakan Sayuran Brokoli Untuk Kesehatan

Tahukah anda sayuran brokoli? Menurut wikipedia,con, brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Brokoli memiliki banyak manfaat yang bisa kamu coba. Sayur ini berwarna hijau dan bagian yang dikonsumsi adalah bagian kepala bunga.

Brokoli memiliki kesamaan bentuk dengan kembang kol. Banyak yang mengira bahwa kembang kol merupakan brokoli putih, karena perbedaan hanya terdapat pada warnanya yang putih. Namun nyatanya tidak demikian.

Manfaat brokoli hijau seperti yang dipaparkan blog doktersehat.com mampu menekan risiko penyakit kanker karena kandungan antioksidan yang sangat besar di dalam brokoli. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi brokoli secara teratur setiap hari dapat melindungi tubuh dari bakteri perut yang berakibat pada gangguan pencernaan, salah satunya penyakit maag. Selengkapnya simak khasiat brokoli lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda

Selain brokoli hijau adapula brokoli kuning. Tetapi brokoli kuning ini hanya menyerupai sayur brokoli yang biasa kamu konsumsi. Brokoli kuning merupakan tanaman hias yang menyerupai brokoli seperti yang diterangkan dalam blog detikhealt, hari Kamis, 13 Jun 2019.

Biasanya brokoli diolah menjadi salad dan tumisan. Nutrisi yang terdapat pada brokoli memiliki banyak khasiat yang beragam. Apa saja manfaatnya?

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Khasiat brokoli hijau dapat mengurangi peradangan di usus besar dan membantu mencegah kanker usus besar. Sayuran dipecah di perut menjadi senyawa tertentu, salah satunya adalah indolocarbazole (ICZ). ICZ ini mengaktifkan senyawa lain yang disebut reseptor aril hidrokarbon  (AHR), yang mempertahankan fungsi penghalang usus dan menangani masalah terkait seperti usus bocor. Usus bocor terjadi ketika penghalang usus dikompromikan dan terbuka untuk menyerang racun dan mikroba, yang menyebabkan penyerapan nutrisi yang lebih buruk.

Brokoli juga mengandung senyawa khas lain yang dapat dimanfaatkan oleh bakteri usus dan meningkatkan kesehatan usus keseluruhan.

  1. Baik untuk Ibu Hamil

Nutrisi yang terkandung dalam brokoli sangat bagus untuk kebutuhan nutrisi ibu hamil. Selain itu asam folat yang dimiliki brokoli juga bagus untuk mencegah kecacatan pada bayi yang baru lahir.

  1. Untuk Pertumbuhan Kalsium Anak

Brokoli memiliki kandungan kalsium yang dapat menyehatkan tulang. Anak-anak membutuhkan asupan kalsium yang banyak untuk memperkuat tulang dan gigi. Sehingga dengan memberikan brokoli pada anak akan membantu pertumbuhannya.

  1. Bantu Turunkan Berat Badan

Brokoli termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, sehingga bagus untuk kamu yang sedang diet. Sayuran ini kaya akan serat yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Kamu pun dapat mengontrol nafsu makan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi brokoli, kamu dapat menjaga kesehatan karena terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Meningkatkan kesehatan otak

Bekat kandungan vitamin K dan kolin yang melimpah, manfaat brokoli dapat membantu meningkatkan daya ingat dan memori. Selain itu, kandungan sulforaphane di dalam brokoli juga membantu mencegah timbulnya Alzheimer dan banyak penyakit neurodegeneratif.

  1. Anti-inflamasi

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Preventive Nutrition and Food Science Journal menunjukkan bahwa brokoli memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat. Sayur brokoli memiliki antioksidan seperti vitamin C, potasium, magnesium, sulforaphane, kaempferol, dan banyak lainnya, yang membuat sayuran silangan ini baik untuk meredakan peradangan.

  1. Anti-penuaan

Khasiat brokoli mampu mencegah penuaan dengan bantuan senyawa yang disebut nicotinamide mononucleotide (NMN). NMN membantu produksi senyawa yang memicu metabolisme dan mampu mencegah perubahan genetik yang menyebabkan penuaan dini. Antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan kolagen juga berperan penting dalam menunda penuaan.

  1. Mengontrol diabetes

Studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, menunjukkan bahwa manfaat brokoli hijau dapat meningkatkan resistensi insulin pada pasien diabetes tipe 2.

Untuk menguraikannya, ini menunjukkan bahwa sulforaphane dan kaempferol dalam makanan silangan ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, sehingga membantu mengendalikannya.

  1. Meningkatkan libido

Manfaat brokoli hijau dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ-organ tubuh dan membantu meningkatkan libido. Ini berkat kandungan folat dan vitamin C dalam brokoli, yang dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma.

  1. Mencegah Kanker

Penelitian menyatakan bahwa manfaat brokoli dan sayuran silangan lainnya dapat membantu mencegah berbagai bentuk kanker – terutama kanker prostat, paru-paru, payudara, dan usus besar.

Sayuran ini mengandung glucosinolates, bahan kimia yang memiliki sulfur. Selama memasak, mengunyah, dan pencernaan, glukosinolat ini dipecah untuk membentuk senyawa aktif biologis – salah satunya adalah indole-3-carbinol, senyawa dengan sifat antikanker yang kuat.

Senyawa lain dalam brokoli yang dapat mencegah kanker adalah sulforaphane, atau sulfur organik alami. Sulforaphane mendukung fungsi dan pembagian sel normal dan bahkan meningkatkan apoptosis (kematian sel terprogram) di sel kanker. Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi brokoli 3 porsi dalam seminggu dapat mengurangi risiko kanker hingga 60 persen.

  1. Dapat Mendetoksifikasi Tubuh

Manfaat brokoli hijau yang bisa kamu coba adalah dapat menetralkan dan menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari tubuh Anda yaitu yang biasanya disebut trio dinamis, glucoraphanin, gluconasturtiin, dan glucobrassicin.

Sulforaphane dalam tunas brokoli melindungi sel-sel aerobik dari kerusakan dengan menginduksi jaringan enzim detoksifikasi dan menekan respons inflamasi. Selain itu, orang yang mengonsumsi teh tunas brokoli ditemukan memiliki tingkat detoksifikasi yang lebih tinggi.

Manfaat yang lian dari brokoli adalah membantu menghilangkan polutan yang tanpa kita sadari menghirupnya setiap hari.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sulforaphane dalam sayuran dapat mencegah dan bahkan mengatasi kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh masalah gula kronis.

Sulforaphane yang sama pada brokoli juga dapat meningkatkan tingkat tekanan darah. Brokoli tidak mengandung kolesterol. Selain itu, mengingat memiliki serat, brokoli juga mengatur kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Kandungan lutein karotenoid yang dimiliki brokoli dapat membantu perlambatan atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh. Sayuran ini juga dapat mengurangi peradangan dan oksidasi arteri pada individu yang rawan stroke.

Hal ini dapat menjaga tubuh dari penyakit jantung dan stroke. Vitamin B6 dan folat di dalam brokoli juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin A dan K serta folat yang dimiliki brokoli bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sementara kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan vitamin E pada brokoli mampu membantu dalam mengganti jaringan kulit yang rusak. Brokoli juga mengandung fito-nutrien yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat terpapar sinar matahari.

  1. Menjaga Tekanan Darah Tinggi

Bagi kamu pengidap tekanan darah tinggi, bisa mencoba mengonsumsi brokoli. Kandungan kalium dan magnesium yang dimilikinya dapat membantu mengontrol tekanan darah.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Brokoli memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan memberikan penglihatan yang lebih baik. Lutein yang terdapat dalam brokoli juga berfungsi untuk menjaga kerusakan mata akibat paparan sinar matahari.

Agar tidak kehilangan manfaat pada brokoli, kamu harus memperhatikan pengolahannya. Jangan memasak brokoli terlalu lama dan cukup dikukus atau ditumis selama beberapa menit. Angkat ketika sayuran masih berwarna hijau dan kamu bisa menggunakan campuran makanan lainnya untuk melengkapi kebutuhanmu.

  1. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Brokoli merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin K, kalsium, kalium, dan magnesium – khasiat brokoli memainkan peran dalam menjaga kepadatan mineral tulang (mengandung kadar besi yang baik juga).

Beberapa ahli mengatakan vitamin K membangun tulang lebih baik daripada kalsium. Dan secangkir brokoli mengandung 270 persen vitamin K yang Anda butuhkan dalam sehari. Vitamin ini, bersama dengan kalsium, juga membantu menjaga gigi Anda tetap sehat. Pada dasarnya khasiat brokoli dapat membantu melawan osteoporosis.

 

Kandungan Brokoli:

Salah satu keuntungan terbesar brokoli adalah kandungan nutrisinya. Sayuran super sehat ini mengandung beragam vitamin, mineral, serat dan senyawa bioaktif lainnya.

Berikut kandungan nutrisi sdalam satu cangkir (91 gram) brokoli:

  • Karbohidrat: 6 gram
  • Protein: 2,6 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Serat: 2,4 gram
  • Vitamin C: 135% dari RDI
  • Vitamin A: 11% dari RDI
  • Vitamin K: 116% dari RDI
  • Vitamin B9 (Folat): 14% dari RDI
  • Kalium: 8% dari RDI
  • Fosfor: 6% dari RDI
  • Selenium: 3% dari RDI

Selain vitamin, brokoli juga mengandung beragam mineral penting seperti kalsium, potasium, zat besi dan selenium. Zat lain yang terkandung di dalam brokoli adalah sulfur dalam bentuk glukosinolat, senyawa antidot, monoterpene dan genestein. Flvonoid dan serat terkandung juga memperkaya kandungan nutrisi dari brokoli. Kandungan vitamin C pada brokoli jumlahnya lebih banyak daripada jeruk? Kandungan kalsium brokoli juga lebih besar dibandingkan segelas susu, dan brokoli juga diketahui mengandung lebih banyak serat daripada sepotong roti gandum.

Selain itu tahukah Anda bahwa cara mengonsumsi brokoli sangat mudah, bisa dimakan mentah, ditumis, dicampur sebagai salah satu bahan sup atau dikukus sebagai lalapan.

 

Tips Memilih Brokoli yang Bagus:

  1. Jangan memilih brokoli yang sudah berwarna kuning atau yang sudah terlihat layu
  2. Pilihlah brokoli yang masih berwarna hijau dan segar

 

Efek Samping Brokoli

Meskipun manfaat brokoli hijau sangat luar biasa untuk kesehatan, namun memiliki efek samping bila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Efek samping yang biasa terjadi adalah sebagai berikut:

  • Iritasi usus
  • Gas atau perut kembung
  • Reaksi alergi
  • Ruam kulit

Risiko lainnya:

  • Pengencer darah: Vitamin K dalam brokoli dapat menghambat obat antikoagulan dalam tubuh. Jadi berhati-hatilah saat memakannya jika Anda sudah menggunakan warfarin atau pengencer darah lainnya.
  • Hipotiroidisme: Brokoli dapat memperburuk kondisi tiroid jika dimakan berlebihan.

Agar aman, yang terbaik adalah konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak, dan makanlah dalam jumlah sedang, karena yang berlebihan itu selalu tidak baik!

Leave a Reply